Tips

Bekerja di Taiwan

Semua tenaga kerja asing yang bekerja di Taiwan harus mengikuti undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku di sana, dengan demikian mereka akan memperoleh perlindungan hukum yang layak. Hal ini berarti masalah gaji, jam kerja, izin libur, lembur dan pemutusan hubungan kerja harus berdasarkan undang-unang ketenagakerjaan, sehingga bila terjadi hal-hal di luar ketentuan dalam kontrak kerja, maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Pemeriksaan Kesehatan

Setiap TKI yang bekerja di Taiwan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan selambat-lambatnya 3 hari setelah tiba di Taiwan. Selama bekerja di Taiwan TKI melakukan 4 kali pemeriksaan kesehatan yaitu paling lambat hari ke 3 tiba di Taiwan, bulan ke 6, bulan ke 18 serta bulan ke 30. Setiap TKI yang ditemukan mengidap penyakit kelamin, AIDS, cacingan, hepatitis B maupun TBC diharuskan meninggalkan Taiwan. Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan dirumah sakit Pemerintah daerah setempat di Taiwan yang telah ditentukan oleh Departemen Kesehatan Taiwan.

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan adalah:

1) Jangan menggunakan kotoran (air seni dan faeces) orang lain; 2) Seminggu sebelum pemeriksaan kesehatan jangan menggunakan obat flu yang dibawa dari Indonesia, seperti Panadol, Paramex, Stopcold, karena dalam pemeriksaan kesehatan sering didapati mengandung unsur obat terlarang menurut hukum Taiwan dalam darah pemakai obat tersebut.

C. Sidik Jari

Setiap pekerja asing harus melakukan sidik jari ke kantor polisi setempat dengan diantar oleh agen, pada hari ke 2 tiba di Taiwan.

D.Alien Resident Certificate (ARC)

Setelah melakukan sidik jari, pekerja asing diperbolehkan mengurus Alien Resident Card (semacam KTP) di kantor polisi setempat dengan membawa paspor, pas photo 2 lembar, mengisi formulir yang tersedia dan membayar biaya administrasi sebesar NT $ 1.000. ARC akan selesai dalam waktu 10 hari dan diambil oleh agen untuk diserahkan pada TKI)

E.Surat Izin Kerja (SIK)

Bagi pekerja asing yang lulus pemeriksaan kesehatan, dalam waktu 15 hari setelah tiba di Taiwan diperbolehkan mengurus Surat Izin Kerja ke Council of Labour Affairs (CLA) yaitu lembaga pemerintah Taiwan yang membidangi tenaga kerja.Pembuatan SIK biasanya dilakukan oleh agen. Bagi pekerja asing yang terpaksa pindah majikan sebelum selesai kontrak berakhir, maka mereka berhak meminta pada majikan baru untuk mengurus perpanjangan SIK. Apabila masa kerja TKI berakhir dan tidak memperoleh perpanjangan dari CLA maka TKI diharuskan meninggalkan Taiwan sebelum masa berlaku SIK berakhir.

F. Masa Kerja

Lamanya masa kerja di Taiwan 2 tahun ditambah 1 tahun (total 3 tahun). Setelah itu pekerja harus pulang kembali ke negara asalnya selama + 40 hari untuk mengurus izin visa ke Taiwan, namun demikian secara akumulasi pekerja asing tidak boleh bekerja di Taiwan lebih dari 6 tahun.

G. Tempat Kerja dan Pekerjaan

TKI sector formal hanya boleh bekerja pada perusahaan pemohon (sesuai dengan yang tertera pada SIK dan ARC). TKI baru boleh pindah perusahaan apabila perusahaan tersebut telah dinyatakan bangkrut secara sah dan perpindahan tersebut harus melalui prosedur secara sah di CLA, yakni: mengajukan permohonan pindah -à menunggu izin dari CLA à diundi di Biro Tenaga Kerja setempat à bekerja di perusahaan baru.

Bagi TKI yang dipindahkan tanpa alasan yang jelas dan tanpa melalui prosedur resmi akan dianggap sebagai pekerja illegal, apabila ditangkap oleh pihak berwajib yang bersangkutan akan dideportasi tanpa ampun.

TKI sektor informal yang didatangkan dengan status untuk menjaga orang tua / sakit tidak boleh bekerja untuk menjaga anak kecil atau bekerja di rumah tangga atau bekerja di pabrik / toko. Apabila majikan melakukan pelanggaran maka TKI berhak mengadukan kepada pihak agency, kalau tidak mendapat perbaikan maka laporkan ke pihak berwajib setempat atau instansi terkait lainnya.

Perlu diketahui, sering didapati alamat tempat kerja TKI sektor informal yang tercantum di SIK dan ARC berbeda dengan alamat tempat kerja yang sebenarnya, ini dikarenakan alamat pemohon majikan berbeda dengan alamat orang tua / sakit yang dirawat. Untuk itu, yang perlu diperhatikan adalah orang tua / sakit yang dirawat itu memang benar adalah keluarga dari pemohon dan TKI harus melapor ke kantor polisi setempat untuk dibuatkan keterangan dalam ARC TKI.

TKI sektor informal diperbolehkan pindah majikan apabila orang tua / sakit yang dirawat meninggal dunia atau sudah menyatakan tidak mampu menggaji, namun demikian pihak majikan harus membuat surat pernyataan pelepasan quota dan izin pindah untuk TKI dalam waktu 30 hari setelah orang tua / sakit yang TKI rawat meninggal dunia.

H. Perjanjian Kerja

Perjanjian kerja antara majikan dengan TKI yang sudah disahkan oleh pihak KDEI Taipei dan dilegalisir oleh Pemerintah Indonesia (BP3TKI) tidak boleh dirubah secara sepihak oleh pihak majikan atau TKI. Apabila dipandang perlu dirubah, maka terlebih dahuluharus dilakukan negosiasi dan kemudian disetujui oleh ke dua belah pihak.

I. Jam Kerja

Jam kerja TKI sektor formal diatur dalam Undang Undang Ketenagakerjaan Taiwan, bahwa TKI tidak boleh bekerja lebih dari 8 jam / hari atau 48 jam / minggu. Diluar ketentuan tersebut pihak majikan harus membayar uang lembur.

Hari libur adalah 1 hari dalam seminggu dan hari libur nasional 19 hari dalam setahun. Cuti khusus sebanyak 7 hari dalam setahun (setelah 1 tahun bekerja). Izin sakit dapat diberikan selama 30 hari dengan masih mendapatkan pembayaran setengah bulan gaji pokok. Izin cuti pribadi sebanyak 14 hari dalam satu tahun (tanpa dibayar dari pabrik). Izin cuti karena kecelakaan kerja dapat diberikan selama masih dalam masa pengobatan atau penyembuhan (tidak ada batas waktu).

TKI sektor informal tidak diatur dalam Undang Undang Ketenagakerjaan Taiwan, maka untuk menjaga hak antara ke dua belah pihak. Ketentuan tersebut perlu dicantumkan perjanjian kerja antara majikan dengan TKI, Setiap bekerja 6 hari TKI harus mendapatkan istirahat 1 hari. Apabila TKI tidak istirahat atas permintaan pihak majikan, maka pihak majikan harus membayar uang lembur sebesar NT $ 528 / hari. Bagi TKI yang mengalami kecelakaan kerja akan diberikan cuti sakit selama 7 hari.

J. Gaji Pokok

Gaji pokok pekerja sektor formal dan sektor informal di Taiwan sama yaitu sebesar NT $ 15.840 / bulan, namun demikian TKI sektor formal akan dikurangi sebesar NT $ 2.500 / bulan untuk biaya konsumsi (berdasarkan ketentuan CLA). Saat TKI diberikan gaji oleh majikan, TKI harus meminta daftar perincian gaji yang ditulis dalam 2 bahasa (Indonesia dan Mandarin) tentang besarnya gaji pokok, lembur, potongan agency fee untuk PPTKIS, service fee untuk agency Taiwan, asuransi kesehatan, asuransi tenaga kerja dan pajak

K. Lembur

Perhitungan lembur untuk pekerja sektor informal adalah NT $ 528 / hari.

L. Istirahat / Cuti

Pekerja sektor formal dan informal berhak memperoleh cuti tahunan 7 hari dalam setahun dengan ketentuan setelah menyelesaikan kontrak tahun pertama dan melanjutkan kontrak tahun kedua TKI berhak memperoleh cuti sebanyak 7 hari. Apabila TKI tidak mengambil cuti tersebut atas permintaan majikan, maka majikan wajib membayar cuti tahunan dengan uang lembur.

M. Asuransi

Asuransi wajib untuk pekerja sektor formal:

1) Asuransi Kesehatan sebesar NT $ 216 ditanggung TKI; 2) Asuransi Tenaga Kerja sebesar NT $ 215 ditanggung TKI; 3) Asuransi Kecelakaan minimal NT $ 300.000 / tahun (tidak ada ketentuan bahwa premi asuransi harus dibayar oleh pihak majikan)

Asuransi wajib untuk pekerja sektor informal:

1) Asuransi Kesehatan sebesar NT $ 216 ditanggung oleh TKI; 2) Asuransi Kecelakaan minimal NT $ 300.000 / tahun (bukan paksaan tapi anjuran dan tidak ada ketentuan bahwa premi asuransi harus dibayar oleh pihak majikan)

N. Pajak

Perhitungan pajak pendapatan TKI disesuaikan dengan Undang Undang Perpajakan Taiwan, yakni:

1) TKI sektor formal dan informal yang menetap di Taiwan kurang dari 183 hari dalam setahun dikenakan 20 % dari total pendapatan per tahun; 2) TKI sektor formal dan informal yang menetap di Taiwan lebih dari 183 hari dalam setahun, perhitungan pajak mereka akan disesuaikan dengan penduduk lokal, yaitu: Total Pendapatan per tahun – pendapatan bebas pajak (NT $ 193.000) x 6 %; 3) Biasanya pihak perusahaan akan memotong dan membayar pajak para TKI sektor formal ke kantor pajak setiap bulan; 4) Usahakan untuk melakukan lapor / bayar pajak setiap tahun, jangan menunggu masa kontrak berakhir, karena akan dikenakan bunga yang tinggi; 5) Bagi TKI sektor formal yang memiliki sisa pajak, dapat diurus setiap tahun pajak, pengembalian restitusi (sisa pajak) akan dikembalikan oleh kantor pajak setempat dalam bentuk cek selambat-lambatnya 3 sampai 6 bulan terhitung tanggal pengurusan, sisa pajak tahun terakhir sudah harus diurus seminggu sebelum meninggalkan Taiwan dan minta copy surat kuasa pengambilan restitusi sisa pajak kepada pihak perusahaan, agency.

6) Agar hak TKI untuk mendapat sisa pajak terjamin, maka harus berhati-hati dalam menentukan oknum sebagai penerima kuasa untuk mengambil sisa pajak dan mengirimkan copy surat kuasa tersebut ke Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei untuk membantu memonitor hak TKI.

O. Dokumen yang Harus Dimiliki

1)Alient Resident Card (ARC) asli dan foto copy passport; 2)Employment Contract / Perjanjian Kerja antara majikan dengan TKI; 3)Daftar gaji yang telah disahkan oleh Pemerintah Indonesia (BNP3TKI); 4) Surat Perjanjian Biaya untuk bekerja di Taiwan; 5) Nama / alamat / nomor telepon PPTKIS dan Agency Taiwan, nama / alamat / nomor telepon Kantor Depnaker setempat dan KDEI di Taipei; 6) Dokumen-dokumen tersebut diatas tidak boleh ditahan oleh pihak majikan / agency tanpa persetujuan TKI.

P. Perselisihan / Sengketa

Apabila terjadi perselisihan / sengketa antara majikan dengan TKI, maka TKI dapat menghubungi Petugas Pusat Konseling setempat di taiwan atau kantor dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei

Apabila TKI pada saat berbelanja mengalami perselisihan, maka TKI dapat mengadukan kepada pemilik toko atau kepada ”Consumer Protection Commission, Executive Yuan.a” (nomor telepon khusus 1950)

Q. Hamil

Bagi TKI wanita pada saat pemeriksaan kesehatan pertama akan dilakukan pemeriksaan kehamilan, bagi TKI yang dinyatakan hamil akan dideportasi dan tidak diberikan izin kerja dan izin menetap di Taiwan. Pada pemeriksaan bulan ke 6, bulan ke 18 dan bulan ke 30 sudah tidak perlu dilakukan pemeriksaan kehamilan.

Berdasarkan peraturan CLA yang dikeluarkan tanggal 9 November 2001, pihak majikan yang mempekerjakan TKI tersebut tidak boleh memutuskan hubungan kontrak secara sepihak karena alasan hamil, sebaliknya TKI tersebut boleh meminta kepada pihak majikan untuk mengganti jenis pekerjaan yang lebih ringan untuk dirinya.

Namun demikian, karena jenis pekerjaan para TKI pada umumnya adalah pekerjaan yang berat dan kasar, maka demi efisiensi kerja dihimbau agar selama bekerja di taiwan sebaiknya jangan hamil.

R. Kabur dari Tempat Kerja

1) TKI yang meninggalkan tempat kerja berturut-turut 3 hari tanpa izin sudah dianggap kabur oleh pihak majikan, maka TKI tersebut akan dilaporkan ke kantor polisi setempat dan CLA, serta sejak tanggal pelaporan maka hubungan hukum antara majikan dengan TKI tersebut akan putus dengan sendirinya. TKI akan kehilangan hak asuransi kesehatan, asuransi tenaga kerja dan izin untuk tinggal di Taiwan; 2) TKI kaburan jika ditangkap polisi akan dikenakan denda sebesar NT $ 30.000 s/d 150.000, setelah itu akan dipulangkan secara paksa dan di black list selama 5 tahun tidak diperbolehkan memasuki wilayah Taiwan.

S. Kewajiban dan Hak Agency Taiwan

1)Hak

Agency Taiwan tidak lagi diperbolehkan memotong agency fee dari TKI yang bekerja di Taiwan, mereka hanya boleh memungut Biaya Pelayanan (service fee)

2) Kewajiban

a) Memberikan pelayanan kepada TKI antara lain menjembatani antara pihak majikan dengan TKI; b) Mengurus pemeriksaan kesehatan, sidik jari, Surat Izin Kerja, memperpanjang ARC, lapor pajak TKI, mengurus re – entry permit (izin berangkat dari taiwan dan izin kembali) serta ganti alamat bagi TKI yang akan pulang cuti; c) Memonitor kondisi TKI antara lain masalah gaji, kondisi kerja dll; d) Membantu TKI melaporkan masalah yang dihadapi oleh TKI dengan majikan yang tidak bisa diselesaikan secara musyawarah ke instansi terkait di Taiwan; e) Mengatur semua hal yang berhubungan dengan perjalanan kembali ke Indonesia baik saat cuti maupun selesai kontrak

T. Kewajiban dan Hak TKI

1) Hak

a) Menerima gaji setiap bulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku; b) Meminta bantuan kepada pihak agency untuk mengurus keperluan sebagaimana tertera dalam perjanjian kontrak pelayanan antara TKI dengan agency; c) Memiliki foto copy perjanjian kontrak pelayanan yang ditandatangani antara pihak agency Taiwan dengan pihak TKI, dengan demikian TKI akan mengerti dan mengetahui ruang lingkup pelayanan yang harus diberikan pihak agency Taiwan

2) Kewajiban

a) Membayar agency fee untuk PPTKIS pengirim sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia (BP3TKI); b) Membayar biaya pengurusan izin tinggal sebesar NT $ 1.000 / tahun dan biaya pemeriksaan kesehatan sebesar NT $ 2.000 / pemeriksaan; c) Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kerja; d) Mentaati peraturan ketenagakerjaan yang berlaku di Taiwan; e) Mentaati peraturan perusahaan / peraturan rumah majikan

U. Ganti Majikan

TKI dapat ganti majikan apabila majikan lama meninggal dunia, imigrasi ke luar negeri, bangkrut, tidak menggaji sesuai dengan peraturan, majikan kabur / menghilang. Jika pasien yang dirawat TKI meninggal, maka TKI dapat bekerja pada saudaranya yang memiliki hubungan garis horisontal atau vertikal. Majikan tidak boleh mencarikan majikan yang lain sesuai dengan kemauannya atau mempekerjakan TKI ditempat lain tanpa mengikuti prosedur resmi. Bila hal ini terjadi maka TKI akan dikenakan denda dan dipulangkan.

Melalui pusat pelayanan lowongan kerja COLA (Depnaker Taiwan), TKI dapat mendaftarkan diri sebagai pencari kerja. Lamanya pencantuman data TKI di pusat pelayanan lowongan kerja COLA adalah 4 minggu, dan jika tidak ada majikan baru yang mau menerima, maka TKI terpaksa harus meninggalkan Taiwan. Jika TKI pasti akan pulang, maka TKI berhak untuk meminta pengembalian potongan agen sesuai dengan perbandingan jangka waktu TKI bekerja.

V. Hal lain yang Perlu Dihindari

1) Selama bekerja di Taiwan, jangan menggunakan obat-obatan terlarang (morphin, kokain, opium, mariyuana, amphetamin); 2) Bagi yang kedapatan menggunakan obat-obatan tersebut akan dikenakan sanksi sebagaimana hukum yang berlaku di Taiwan atau deportasi sebelum masa kerja berakhir; 3) Agar kesehatan dan masa depan TKI terjamin, jauhkan diri dan hubungan sex bebas dan tempat-tempat pelacuran; 4) Jangan menandatangani dokumen-dokumen yang hanya ditulis dalam bahasa Mandarin / Inggris yang tidak anda mengerti, sekalipun sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia secara lisan oleh penterjemah TKI; 5) Jangan menandatangani surat-surat pernyataan yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (misalnya TKI diminta menandatangani surat pernyataan telah menerima uang pengembalian pajak, tabungan atau pernyataan bahwa TKI bersedia memutuskan hubungan kontrak karena kemauan sendiri)

W. Penjemputan di Airpot

Pada saat TKI tiba di Bandara / Airpot Taiwan akan dijemput oleh petugas dari pihak agency Taiwan, untuk itu pastikan petugas yang menjemput, jangan gegabah atau takut untuk menanyakan identitas penjemput, dengan demikian TKI tidak akan ditipu atau dijemput oleh orang yang tidak dikenal.

X. Permasalahan yang Sering Terjadi

1) Diancam akan dipulangkan paksa; 2) Terjadi pemutusan hubungan kerja; 3) Tidak ada kejelasan tentang pengembalian pajak dapat diterima atau tidak; 4) Pekerjaan tidak sesuai perjanjian kerja; 5) Gaji tidak dibayar atau pembayarannya tidak teratur; 6) Potongan-potongan gaji yang tinggi dan dirasakan tidak jelas; 7) Uang tabungan tidak dikembalikan atau dikembalikan tidak sesuai dengan jumlah yang dipotong; 8) Suasana kerja yang tidak sesuai perjanjian kerja (misalnya tanpa istirahat, melebihi jam kerja); 9) Penyiksaan atau perlakuan kasar oleh pengguna jasa; 10) Pelecehan seksual; 11) Agency / majikan menginformasikan TKI melarikan diri atau sudah tidak lagi bekerja ditempatnya, padahal TKI masih bekerja ditempatnya, dengan tujuan agar fee untuk PPTKIS tidak dibayar.

Dipulangkan Paksa

Jika majikan tanpa alasan yang jelas ingin memulangkan TKI, maka TKI jangan menandatangani surat persetujuan apapun. Apabila majikan ingin memutuskan kontrak kerja dan saudara menyetujui, TKI dapat meminta uang tiket kepada majikan dan pengembalian potongan kepada agen sesuai dengan lamanya waktu kerja. Sebelum TKI pulang, majikan harus menyelesaikan sisa gaji dan majikan harus mengembalikan sisa tabungan setelah dipotong pajak. Dalam situasi darurat segera telepon KDEI.

Y. Cara melapor Jika Terjadi Masalah

Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan bila kita memiliki niat untuk menyelesaikan. Untuk itu jangan melarikan diri atau menjadi TKI ilegal, sebab hal itu akan mempersulit diri TKI.

Sebelum melapor harap siapkan data-data anda antara lain:

1) Nama lengkap sesuai dengan yang tertulis di paspor; 2) Nomor paspor; 3) Tanggal tiba di Taiwan; 4) Nama majikan / perusahaan; 5) Nama dan nomor telepon PPTKIS di Indonesia, nama dan nomor telepon agency di Taiwan.

Apabila TKI menghadapi masalah yang memerlukan bantuan dapat menghubungi perwakilan PPTKIS Pengirim, Agency, Kantor dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) serta Departemen Tenaga Kerja yangada di masing-masing Kabupaten / kotamadya di Taiwan.

Z. HIV / AIDS dan Penyakit Kelamin

HIV / AIDS adalah penyakit menular yang belum ada obatnya, dapat ditularkan melalui hubungan seksual lewat mulut anus dan saluran kelamin, transfusi darah dan jarum suntik yang digunakan penderita.

Untuk menghindarinya, hindari cara-cara penularan diatas, lakukan hubungan seksual dengan satu pasangan saja yaitu suami / istri. Bila terpaksa melakukan hubungan seksual dengan orang yang beresiko tinggi gunakanlah kondom dengan benar. Fungsi kondom adalah untuk mencegah kehamilan dan mencegah penyakit kelamin. Periksalah kesehatan TKI di klinik-klinik kesehatan apabila diperlukan.

A. Narkoba

Selama bekerja di Taiwan tidak boleh menghisap atau memiliki barang terlarang seperti opium, morphim, kokain, mariyuana, amphetamin. Kalau kedapatan memakai, mengedarkan akan mendapatkan hukuman kriminal.

Cara menghindari diri dari minuman yang mengandung obat-obatan terlarang:

1) Pada saat janjian dengan teman maupun dengan seseorang di luar rumah, usahakan siapkan minuman sendiri atau minuman harus pesan sendiri. Minuman tersebut baik yang ada dalam kaleng maupun dalam botol, usahakan buka sendiri, jangan dibuka oleh orang lain; 2) Minuman sebaiknya ditaruh dalam gelas ataupun botol yang mulutnya kecil, karena lebih mudah memasukkan obat-obatan terlarang ke dalam gelas yang bermulut lebar; 3) Setelah kita sudah pesan minuman, usahakan jangan membiarkan minuman tersebut terlepas dari penglihatan kita, jangan sekali-kali meminta bantuan teman untuk menjaga minuman kita; 4) Hati-hati terhadap temannya teman anda, khususnya teman wanita anda, karena banyak kejadian justru teman wanita yang memasukkan obat-obatan terlarang ke dalam minuman kita.

B. Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual merupakan pemaksaan, pemerkosaan secara paksa, melakukan hubungan seksual tanpa melalui persetujuan lawan.

Cara Mencegah Pelecehan Seksual

1) Sedapat mungkin usahakan mengukur waktu, misalnya dengan alasan mau ke kamar kecil, mau minum atau mau telepon dan lain-lain; 2) Harus tenang, jangan gugup agar pelaku tidak melakukan kekerasan yang berakibat fatal; 3) Beritahukan kepada pelaku bahwa sebaiknya jangan melkukan hubungan seksual dengan anda dengan alasan takut hamil dan lain-lain, gugahlah hati pelaku agar menyadari perbuatannya; 4) Kalau anda mau melawan pelaku, harus tegas dan pasti, jangan ragu-ragu; 5) Untuk melawan pelaku, harus cari waktu yang tepat, seranglah bagian-bagian yang paling lemah antara lain bagian mata, telinga, hidung maupun bagian kunci paha, apabila anda menyerang pada saat yang tepat, maka akan memungkinkan anda untuk meluputkan diri dari pelaku pemerkosaan; 6) Setelah melakukan perlawanan harus segera berusaha melarikan diri; 7) Anda harus berteriak minta tolong dengan suara sekeras mungkin dengan teriakan ”kebakaran” (bahasa Mandarinnya ”sehuo”); 8) Usahakan agar anda tetap tenang, belum tentu harus melawan dengan tenaga yang kuat sebaliknya anda dapat melawan dengan perkataan agar pelaku tidak bersikeras dan anda mencari kesempatan untuk melarikan diri. Usahakan tenang dan katakan dengan tegas ”tidak” (bahasa mandarinnya ”pu”), namun jangan menyebut kata tidak dengan sikap yang ramah, lemah lembut dan sambil tersenyum; 9) Katakan pada pelaku ”berhenti, perbuatanmu termasuk memperkosa” (bahasa Mandarinnya ”thing ce, ni cese chiang pau”) agar pelaku kaget dan menghentikan perbuatannya; 10) Segera tinggalkan tempat kejadian; 11) Katakan pada pelaku bahwa keluarga anda segera tiba, agar si pelaku takut; 12) Katakan pada pelaku bahwa anda sedang menstruasi atau mengidap penyakit kelamin; 13) Berbincang-bincang dengan pelaku dan usahakan mengulur waktu, dengan tujuan agar si pelaku kembali rasional; 14) Usahakan agar si pelaku percaya pada anda dan merenggangkan genggamannya, dengan demikian anda berkesempatan kabur dari tempat kejadian; 15) Usahakan agar si pelaku menganggap anda adalah manusia utuh dan sadar kalau perbuatannya sudah melukai anda; 16) Katakan pada si pelaku dengan nada yang serius ”kalau demikian caranya anda akan jadi ayah !” atau “anda ada kemungkinan akan dipenjara !” agar si pelaku kembali berfikir secara rasional; 17) Apabila benar terjadi pemerkosaan, jangan lupa harus melakukan anti hamil dengan cara yang terbaik untuk melindungi diri sendiri.

Benda kecil yang dapat digunakan pada saat terjadi pemerkosaan, untuk itu anda harus bawa setiap saat. Selain itu anda harus selalu waspada, dengan demikian pada saat terjadi pemerkosaan benda-benda yang ada disekitar anda dapat digunakan untuk meluputkan diri. Berikut adalah benda-benda yang dapat digunakan untuk meluputkan diri dari pemerkosaan, antara lain:

1) Menusuk mata si pelaku dengan jari tangan anda; 2) Menggaruk wajah, leher si pelaku dengan kuku; 3) Menyikut bagian dada si pelaku dengan siku tangan; 4) Tendang pangkal paha si pelaku; 5) Pluit merupakan barang yang paling murah namun paling ampuh untuk digunakan, pada saat anda diperkosa segeralah minta tolong dengan meniup pluit. Benda ini kecil dan mudah dibawa, anda bisa menggantungkan setiap saat seperti memakai kalung atau pakai dipergelangan tangan seperti gelang; 6) Memakai barang tajam yang ada di sekitar anda, misalnya jempitan rambut, jarum pada bros baju, hak sepatu, payung dan lain-lain; 7) Dengan batu, batu bata, batangan kayu, ranting pohon, pasir dan lainnya; 8) Dengan alat-alat pelindung yang dijual di pasar.

Langkah-langkah yang Harus Dilakukan oleh TKI Apabila Terjadi Pelecehan Seksual:

1) Tetap tenang, jangan melontarkan kata-kata yang merangsang si pelaku dan jangan melawan / memukul si pelaku, usahakan agar si pelaku juga tenang supaya tidak melakukan hal-hal yang lebih fatal; 2) Melindungi diri sendiri, khususnya bagian kepala, wajah, leher, dada, perut dan bagian tubuh lainnya; 3) Menyerang pada waktu yang tepat, kalau kita sudah memutuskan untuk mengadakan perlawanan, maka harus mencari waktu yang tepat dan melawan dengaan segenap tenaga, jangan ragu-ragu; 4) Berteriak minta tolong, minta bantuan orang lain dirumah dan tetangga; 5) Usahakan meluputkan diri, meluputkan diri dari tempat kejadian atau pergi ke rumah saudara, tetangga, teman atau ke pusat perlindungan terhadap korban pelecehan seksual; 6) Minta bantuan ke kantor polisi, untuk menghentikan penindasan atau mengantarkan ke rumah sakit atau ke pusat perlindungan terhadap korban pelecehan seksual; 7) Segera mencari tempat perlindungan yang aman atau minta bantuan sanak keluarga; 8) Usahakan mengingat ciri-ciri khas pelaku; 9) Amankan tempat kejadian, jangan memindah-mindahkan barang-barang yang ada ditempat kejadian; 10) Jangan tukar pakaian, kalau terpaksa cukup pakai jas / pakaian tambahan. Jangan membersihkan bagian vagina agar dalam pemeriksaan dapat diperoleh sisa sperma dan rambut-rambut si pelaku. Harus memeriksakan diri ke dokter, karena kemungkinan besar pada saat kejadian anda ketakutan sehingga tidak sadar kalau ada bagian-bagian tubuh yang mengalami cidera, dengan demikian dapat mengumpulkan fakta-fakta secara medis yang dapat digunakan untuk menuntut si pelaku; 11) Biasanya wanita yang diperkosa akan mengalami goncangan jiwa, maka sebaiknya minta bantuan ke pusat pertolongan korban pelecehan seksual; 12) Selain temperamen korban tidak stabil, kadang-kadang sanak keluarga maupun teman dekatnya juga demikian, untuk itu perlu memberikan bimbingan mental kepada mereka; 13) Dalam proses rehabilitasi baik dari segi fisik maupun mental membutuhkan waktu, untuk itu harus bekerjasama dengan tenaga ahli, jangan berhenti di tengah jalan.

Pihak-pihak yang Dapat Membantu TKI Apabila Pelecehan Seksual Terjadi:

1) Rumah sakit terdekat, sebelum menjalani pengobatan dan pemeriksaan luka-luka yang ada di badan, jangan ganti pakaian atau merusak / memusnahkan pakaian yang melekat di badan, karena semua itu dapat digunakan sebagai barang bukti untuk tuntutan di kemudian hari dan jangan mandi, cuci tangan, sikat gigi maupun buang air; 2) Apabila jiwa anda terancam dan membutuhkan pertolongan darurat, silahkan menelepon ke nomor 110 atau segera ke kantor polisi yang terdekat; 3) Kalau anda merasa sedih, tidak tahu harus bagaimana, merasa takut, merasa susah, anda dapat menelepon ke nomor 113 atau segera menghubungi ”Pusat Perlindungan Kaum Wanita” maupun ”Pusat Perlindungan korban Pelecehan Seksual” yang didirikan oleh Pemerintah di setiap kotamadya / kabupaten; 4) Departemen Tenaga kerja yang ada di masing-masing kotamadya / kabupaten di Taiwan, guna melindungi hak anda selama bekerja di Taiwan.

Yang Harus TKI Diakukan Apabila Terjadi Pelecehan Seksual di Tempat Kerja:

1) Harus memberitahukan kepada si pelaku agar segera menghentikan perbuatannya; 2) Apabila anda tidak berhasil berkomunikasi dengan si pelaku dan perbuatan pelecehan tetap berlanjut, maka anda harus melaporkan perbuatan si pelaku kepada atasan anda, atau anda bisa mengadu ke seksi perlindungan terhadap korban pelecehan seksual yang ada dalam perusahaan; 3) Apabila yang melakukan pelecehan seksual adalah majikan anda atau dalam perusahaan tidak terdapat seksi perlindungan terhadap korban pelecehan seksual, maka anda boleh mengadu ke Departemen Tenaga Kerja atau departemen Sosial setempat baik tingkat kabupaten yang ada pada Departemen Tenaga Kerja Taiwan dengan nomor pesawat: (0.800-380-038) atau ke Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei dengan nomor telepon: 8752-3117.

 

 

Bekerja di Singapore

Singapura merupakan Negara yang mempunyai letak geografis 1,22 lintang utara dan 103,48 bujur timur. Singapura merupakan pulau yang terletak diantara Indonesia dan Malaysia, yang memiliki iklim hampir sama dengan Indonesia dengan iklim tropis dan suhu kelembaban tinggi.
A. Kondisi Sosial Budaya
1) Kondisi Alam
Singapura merupakan Negara yang mempunyai letak geografis 1,22 lintang utara dan 103,48 bujur timur. Singapura merupakan pulau yang terletak diantara Indonesia dan Malaysia, yang memiliki iklim hamper sama dengan Indonesia dengan iklim tropis dan suhu kelembaban tinggi.
Kondisi alam Singapura tidak banyak memiliki kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan, oleh karena itu relatif sedikit jumlah pabrik yang melkukan pengolahan industri yang memanfaatkan sumber daya alam, karena keterbatasan tersebut lebih banyak mengandalkan industri jasa dan perdagangan.
Dengan wilayah negara yang terbatas maka masyarakat dipacu untuk bekerja keras dan lahan terbatas maka tumbuh gedung-gedung bertingkat sebagai kantor dan perumahan-perumahan dalam bentuk rumah susun, flat ataupun apartemen.
Singapura terletak di ujung selat Malaka, merupakan kota pelabuhan strategis berbatasan langsung dengan Indonesia dan Malaysia, dengan luas wilayah Singapura dengan 60 pulau-pulau kecil yang mempunyai nilai ekonomis yaitu pulau Tekong, pulau Sentosa, pulau Bakum Besar, pulau Merlimau dan pulau Ayer Chawan. Jumlah penduduk Singapura adalah 4.151.264 (Juli 2000) terdiri dari berbagai etnis seperti China 76,4 %, Malaysia 14,9 %, India 6,4 % lainnya 6,4 %. Bahasa nasional yang digunakan adalah Bahasa Malay dan bahasa resmi Bahasa Inggris. Selain itu Bahasa China dan Tamil sering digunakan. Agama yang dianut warga negara Singapura meliputi Budha, Islam, Kristen, hindu, Sikh, tao dan Konfusian.
2) Adat Istiadat dan Budaya
Adat istiadat dan budaya Singapura sudah terbangun sejak tahun 1970 sebagai negara yang disiplin dalam peraturan yang dapat dilihat dalam kebersihan, pelayanan umum, budaya antri, memberikan kesempatan kepada yang lebih tua, orang cacat, perempuan. Dalam aktivitas sehari-hari seperti terlihat antrian naik angkutan umum, naik lift, pelayanan masyarakat, supermarket. Taat pada aturan lalu lintas seperti marka jalan, parkir, angkutan umum, tanda khusus pada mobil pengendara yang baru mendapat SIM, lampu pengatur lalu lintas dan sebagainya.

Masyakarat China di Singapura
1) Keluarga China menganggap bahwa warna putih dan hitam berarti kematian. Apabila saudara bekerja pada majikan keluarga China, jangan mengenakan pakaian berwarna putih atau hitam pada saat hari ulang tahun salah seorang anggota keluarga majikan, karena hal itu dianggap membawa sial.
2) Jangan menaruh sumpit berdiri tegak lurus diatas mangkuk, karena dipercaya akan mendatangkan naib buruk.
3) Keluarga China juga menganggap bahwa merah adalah warna ceria. Jadi jangan mengenakan pakaian berwarna merah pada pemakaman atau peristiwa-peristiwa sedíh lainnya.
4) Keluarga china menghargai masakan enak, oleh karena itu memahami bagaimana membuat masakan yang rasanya sesuai / cocok bagi mereka akan membuat anda disukai oleh mereka. Oleh karena itu bagi TKI yang bekerja pada majikan keluarga China, belajarlah bagaimana memasak masakan standar China, terutama sup.
5) Apabila memberi hadiah jangan sampai memberi benda yang ada bunyi lonceng, karena lonceng dikaitkan dengan pemakaman yang membawa sial.
6) Sebagai wanita tidak baik apabila berbicara dengan suara yang keras / lantang.
7) Masyarakat Singapura mempunyai sikap disiplin yang tinggi dan rajin bekerja, sehingga menuntut TKI untuk disiplin dan rajin bekerja.
Masyarakat melayu
Masyarakat Melayu di Singapura mempunyai jumlah terbesar ke dua setelah keturunan etnis China. Adat kebiasaan keturunan Melayu adalah sebagai berikut:
1) Mayoritas beragama Islam yang menganut budaya muslim, taat beragama Islam
2) Berpakaian adat Melayu baju kurung, celana panjang, blus lengan panjang, jilbab (wanita) dan celana dan sarung (laki-laki)
3) Memasak masakan halal sesuai dengan ketentuan agamaIslam seperti masakan dari Sumatera, pedas, bersantan, bumbu dapur rempah-rempah
4) Lebih senang makan di rumah, sarapan pagi nasi atau roti, makan siang dan makan malam
5) Pada bulan ramadhan melakukan ibadah puasa sehingga kegiatan lebih banyak dilakukan pada sore dan malam hari
6) Bersikap menghormati orang yang lebih tua, ramah tamah dan sopan santun
7) Menghargai orang yang disiplin menjalankan agama
       3) Hari Libur Nasional
Hari libur nasional yang berlaku di Singapura adalah:
a) Tahun Baru 1 Januari
b) Tahun Baru Imlek
c) Hari Buruh
d) Hari Kemerdekaan 9 Agustus
e) Hari Raya Idul Fitri
f) Hari raya Idul Adha
g) Hari Natal 25 desember
h) Hari libur yang ditentukan
B. Kondisi Kerja

1) Lingkungan Kerja
Sebagian besar TKI yang bekerja di Singapura bekerja sebagai piñata laksana rumah tangga yang dalam bekerja sehari-hari berhadapan langsung dengan majikan dan bertempat tinggal bersama majikan (dalam satu rumah), oleh karena itu TKI harus pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah tangga.
Tempat tinggal pada umumnya adalah rumah susun, flat atau apartemen, sehingga TKI harus mampu menyesuaikan kondisi lingkungan seperti menggunakan lift, menjemur pakaian, berbelanja, membuang sampah, tidak boleh menerima tamu selain minta ijin majikan, selalu mengunci rumah, luas tempattinggal terbatas. Khususnya untuk menjemur pakaian TKI harus mempunyai keterampilan karena menjemur pakaian melalui jendela atau beranda yang harus dilakukan dengan hati-hati.
Pekerjaan di rumah tangga seperti pengasuh bayi, pengasuh anak, mengurus orang tua lanjut usia, melaksanakan pekerjaan di rumah meliputi membersihkan rumah, mencuci pakaian, menyetrika / menggosok pakaian, memasak, membersihkan kamar mandi dan pekerjaan lain sesuai perintah / kebiasaan di rumah tangga.
Sebagian besar majikan laki-laki dan majikan perempuan bekerja dimulai pada pagi hari dan pulang pada sore atau malam hari, sehingga TKI harus bisa mengatur waktu untuk menyediakan sarapan pagi dan makan malam dan juga menjaga rumah, mengasuh anak dan mengantar ke sekolah.

2) Waktu Kerja
Masa kerja di Singapura adalah selama 2 tahun sesuai dengan perjanjian kerja dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu 1 tahun dengan pengesahan perjanjian kerja dari KBRI Singapura dan perpanjangan permit kerja dari Imigrasi Singapura. Selama bekerja tidak dibenarkan pindah majikan atau dipekerjakan ditempat lain. Waktu kerja di sektor informal sebagai piñata laksana rumah tangga menurut ketentuan Singapura tidak diatur, untuk dapat menjaga hak antara TKI dan majikan, ketentuan tersebut ditentukan dalam perjanjian kerja / kontrak kerja yaitu setiap TKI berhak mendapat istirahat dalam 1 hari sekurang-kurangnya 8 jam.
Setelah bekerja selama 12 bulan terus menerus berhak mendapat cuti tahunan selama 12 hari kerja dengan mendapat upah penuh. Apabila tidak mengambil cuti tahunan pihak majikan memberikan penggantian cuti selama 1 bulan.

3) Fasilitas
Pihak majikan harus menyediakan fasilitas kamar tidur yang layak dan perlengkapannya sehingga TKI dapat beristirahat. TKI berhak mendapatkan kebutuhan makan dan minum sebanyak 3 kali sehari sesuai dengan kebutuhan dan memenuhi syarat kesehatan kerja.

C. Perjanjian Kerja

1) Manfaat Perjanjian Kerja

Perjanjian kerja (kontrak kerja) adalah perjanjian antara TKI dan pengguna sebagai dasar melaksanakan tugas dan pekerjaan pada pengguna dengan hak dan kewajiban sebagaimana tertuang dalam ketentuan. Perjanjian kerja harus diketahui dan dimengerti seluruh isi perjanjian kerja dan ke dua belah pihak sepakat untuk mentaati dan melaksanakan hak dan kewajiban, dimana masing-masing pihak TKI dan majikan menandatangani perjanjian kerja tersebut.
Perjanjian kerja bermanfaat sebagai pegangan dan pedoman TKI dalam melaksanakan kewajiban dalam bekerja kepada majikan dan mendapatkan hak-haknya dari majikan sesuai dengan yang telahdisepakati dan ditandatangani, serta sekaligus sebagai dasar-dasar untuk melaksanakan pekerjaan.

2) Hak dan Kewajiban TKI
Hak-hak TKI
a) Mendapat perlakuan yang manusiawi dari majikan
b) Menerima gaji setiap bulan
c) Menyimpan sendiri gaji yang diterima baik secara tunai atau melalui rekening Bank
d) Mendapatkan kamar tidur yang memadai
e) Mendapatkan waktu istirahat yang cukup (8 jam) sehari semalam
f) Mendapatkan kebutuhan makan dan minum 3 kali sehari
g) Mendapatkan kesempatan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinannya
h) Mendapatkan perawatan apabila sakit termasuk perawatan di rumah sakit bila perlu
i) Menolak untuk bekerja pada hari istirahat mingguan
j) Menolak untuk dipekerjakan pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan kontrak
k) Menolak pemutusan perjanjian kerja sepihak
l) Melakukan komunikasi dengan keluarga dan Perwakilan RI melalui surat maupun telepon dengan biaya sendiri
m) Memeriksa jumlah gaji yang diterima sebelum menandatangani kwitansi yang dibayarkan majikan

Kewajiban TKI
a) Mengetahui tanggung jawab anda. Mintalah penjelasan kepada majikan mengenai pekerjaan yang harus anda kerjakan
b) Melaksanakan tugas-tugas sesuai pekerjaan yang tertera dalam kontrak
c) Melakukan tugas anda dengan baik, jujur dan bersikap sopan kepada majikan beserta seluruh anggota keluarganya
d) Berpenampilan bersih / rapih dan berperilaku baik
e) Bersikap ramah, menjalin hubungan baik dengan majikan dan ringan tangan dalam bekerja
f) Menyesuaikan diri dengan adat istiadat negara tempat bekerja
g) Menyimpan / memegang dokumen TKI (paspor, visa, perjanjian kerja, kartu peserta asuransi, buku tabungan, ID card)
h) Mengetahui nama, alamat, nomor telepon dari agency di negara tempat bekerja, perwakilan RI, majikan dan PPTKIS
i) Memahami seluruh isi perjanjian kerja, berapa bulan uang gaji akan dipotong oleh PJTKA / Agency
j) Memeriksakan kesehatan pada dokter yang terdaftar di Singapura setiap 6 bulan sekali atas tanggungan majikan
k) Membuat kontrak pekerjaan dengan majikan anda sejak awal seperti menentukan hari istirahat, cuti tahunan, lingkup tugas, tunjangan kesejahteraan dan sebagainya
l) Melaporkan kedatangan / keberadaan diri di Singapura ke KBRI Singapura dengan alamat di 7 Chatsworth Road, Singapura
m) Tidak mudah terpengaruh dengan cara hidup orang Singapura
n) Membawa kartu ijin kerja bersama anda setiap saat. Anda harus mampu menunjukkan kartu tersebut setiap saat bila diminta oleh Inspektur Tenaga Kerja, Petugas Imigrasi atau Polisi.

3) Hak dan Kewajiban Pengguna / Majikan
Hak Majikan
a) Memberikan perintah kepada TKI untuk melaksanakan tugas sesuai dengan pekerjaan sebagai piñata laksana rumah tangga
b) Mendapatkan hasil pekerjaan sesuai perintah kerja sebagai piñata laksana rumah tangga
c) Melakukan koreksi atas hasil pekerjaan sesuai dengan perintah sebagai penata laksana rumah tangga
Kewajiban Majikan
a) Membayar uang makan dan perjalanan yang ditentukan pada kontrak kerja untuk perjalanan ke Singapura dan juga harus membayar kembali biaya yang telah digunakan untuk persiapan dokumen yang diperlukan
b) Memberi penjelasan mengenai pekerjaan yang harus dikerjakan. Pekerjaan tersebut harus sesuai dengan yang ditentukan di kontrak kerja
c) Membayar gaji bulanan dan dibayar pada setiap akhir bulan sebesar nilai dalam kontrak. Gaji minimal SIN $ 350
d) Pembayaran gaji dapat secara tunai (dengan membuat tanda bukti pembayaran) maupun melalui rekening Bank (bukti setoran harus diberikan kepada TKI)
e) Memberikan hari istirahat (hari libur) paling sedikit sehari (24 jam) setiap periode 7 hari tanpa pemotongan gaji
f) Dalam hal TKI harus bekerja pada hari istirahat, majikan harus membayar antara SIN $ 10 sampai dengan SIN $ 15 untuk setiap hari istirahat
g) Memberikan istirahat kepada TKI selama 8 jam setiap hari dan waktu istirahat selama jam kerja
h) Memberikan makanan secara cuma-cuma selama masa kerja, kalau tidak diberikan makan, uang makan yang ditentukan di dalam kontrak kerja harus diberikan setiap bulan
i) Menanggung biaya pelayanan kesehatan dan asuransi kesehatan
j) Dalam hal TKI sakit, luka-luka atau mengalami kecelakaan kerja, majikan wajib membayar seluruh biaya perawatan dan pengobatan sampai TKI sembuh, dan mengganti kerugian sesuai dengan peraturan yang berlaku
k) Apabila TKI tidak dapat lagi melaksanakan tugasnya sebagai akibat penyakit atau kecelakaan yang dialami, majikan haraus segera menghubungi PPTKIS yang mengirim atau Kedutaan Besar RI di Singapura sebelum memulangkan TKI ke Indonesia. Biaya pemulangan dan penyelesaian hak-hak TKI ditanggung oleh majikan atau asuransi yang telah disiapkan oleh majikan untuk TKI
l) Menyediakan fasilitas yang layak secara gratis selama TKI bekerja di tempatnya, berupa akomodasi kamar tidur, fasilitas makan yang bergizi 3 kali sehari, pakaian kerja dan penyediaan kebutuhan sehari-hari lainnya
m) Menghormati TKI dalam melakukan ibadah sesuai dengan agama atau kepercayaan yang dianut.

4) Perpanjangan Perjanjian Kerja
a) Apabila perjanjian kerja berakhir, majikan dan TKI dapat menandatangani perpanjangan perjanjian kerja dan harus disahkan oleh Kedutaan Besar RI di Singapura selambat-lambatnya 1 bulan sebelum berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja. Perpanjangan perjanjian kerja yang dilakukan langsung oleh TKI dan pengguna tidak perlu ditandatangani oleh agen dan PPTKIS tetapi cukup dilaporkan kepada agen dan PPTKIS pengirim.
b) Majikan wajib membayar semua biaya yang diperlukan untuk pengurusan perpanjangan ijin kerja dan wajib menaikkan gaji TKI sekurang-kurangnya SIN $ 350

D. Hal-Hal yang perlu diketahui

1) Dokumen TKI
Dokumen yang harus dimiliki TKI adalah:
a) Paspor
b) Visa Kerja
c) Kontrak Kerja yang ditandatangani oleh TKI dan pengguna / majikan
d) Kartu Peserta Asuransi
e) Buku Tabungan pada Bank di Indonesia
f) Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN)
g) ID Card setelah tiba di Singapura
2) Melaporkan keberadaan TKI di perwakilan RI
Setelah TKI tiba di Singapura dan bekerja beberapa waktu meminta ijin atau waktu kepada majikan untuk melaporkan keberadaan, pekerjaan dan bekerja pada siapa kepada Kedutaan Besar RI di Singapura. Tentunya untuk mendapatkan ijin tersebut TKI harus bisa menyampaikan keinginan anda dengan sebaik-baiknya, agar pihak majikan tidak memberikan pengertian yang kurang baik.
Bilamana belum diijinkan oleh majikan, TKI dapat melaporkan kepada Kedutaan Besar RI singapura melalui surat.
3) Asuransi TKI
Setiap penempatan TKI ke luar negeri TKI harus diasuransikan di dalam negeri dan atau di luar negeri. Untuk itu TKI harus membawa dan memegang Kartu Peserta Asuransi sebagai dasar untuk melakukan klaim asuransi bila terjadi resiko seperti sakit, meninggal dunia, kecelakaan kerja, kecelakaan, pemutusan hubungan kerja, gaji tidak dibayar, tindak kekerasan fisik, psikis atau seksual, menghadapi masalah hukum, pemulangan TKI bermasalah, hilangnya akal budi, resiko dipindahkan ke tempat kerja lain, sesuai dengan klaim asuransi yang diperjanjikan. Untuk melakukan klaim asuransi TKI atau ahli waris atau kuasanya mengajukan klaim selambat-lambatnya dalam waktu 12 bulan setelah terjadinya resiko yang dipertanggungkan dan harus mengajukan klaim, memiliki surat keterangan ahli waris, surat keterangan dari rumah sakit, surat keterangan kepolisian dan sebagainya sebagai pendukung.

4) Pengakhiran Perjanjian Kerja sebelum waktunya
a) Dalam hal majikan atau TKI, sesuai kesepakatan ingin mengakhiri perjanjian kerja sebelum jangka waktu perjanjian kerja berakhir, agar bermusyawarah dalam penyelesaian tehnis kepulangan TKI. Selanjutnya agar memberitahukan secara tertulis minimal 1 bulan sebelumnya kepada pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura
b) Dalam hal majikan mengakhiri perjanjian kerja sebelum waktunya, yang bukan karena kesalahan TKI dan ternyata TKI masih ingin bekerja di Singapura, maka Agen wajib mencarikan majikan baru, tanpa pemotongan gaji apapun.
c) Dalam hal majikan mengakhiri perjanjian kerja sebelum waktunya, yang bukan karena kesalahan TKI dan TKI bersedia pulang ke Indonesia, maka majikan wajib membayar ganti kerugian sebesar sisa gaji sampai perjanjian kerja berakhir dan menanggung biaya tiket pesawat udara sampai ke pelabuhan udara terdekat dengan daerah TKI di Indonesia.
d) Dalam hal TKI mengakhiri perjanjian kerja sebelum waktunya karena majikan melanggar janji atas setiap ketentuan dan persyaratan perjanjian kerja, maka majikan wajib membayar sisa pemotongan gaji TKI oleh Agen dan membayar ganti kerugian sebesar gaji yang belum dibayarkan sampai dengan kontrak berakhir dan menanggung biaya tiket pesawat udara sampai ke pelabuhan udara terdekat dengan daerah asal TKI. Selain apabila TKI sudah melunasi hutangnya dan masih ingin bekerja di Singapura, agen wajib mencarikan majikan baru tanpa pemotongan gaji apapun.
e) Dalam hal majikan atau TKI mengakhiri perjanjian kerja sebelum waktunya, dikarenakan oleh kesalahan TKI (setelah diteliti dan diputuskan bersalah oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura) maka TKI wajib bekerja (minimum 4 bulan) sampai dengan hutang atau biaya pengiriman dapat TKI lunasi. Selain itu TKI atau asuransi menanggung tiket pesawat udara sampai ke pelabuhan udara terdekat dengan daerah asal TKI di Indonesia.
5) Larangan bagi majikan
a) Mempekerjakan TKI pada orang lain, lebih dari satu tempat kerja di toko, restoran, pasar dan atau pada pekerjaan selain pekerjaan yang sesuai dengan kontrak
b) Menyuruh TKI membersihkan bagian luar kaca jendela pada rumah atau bangunan bertingkat
c) Melakukan pemukulan, tindakan kekerasan lainnya atau melakukan perbuatan yang termasuk dalam kategori pelecehan seksual
d) Mempekerjakan TKI lebih dari 16 jam sehari.
6) Larangan bagi TKI
a) Menolak melaksanakan tugas yang sesuai dengan kontrak kerja
b) Berperilaku tidak sopan
c) Jangan sekali-kali mencuri atau berbohong kepada majikan
d) Tidak boleh terlibat dalam kegiatan tidak bermoral atau ilegal seperti kejahatan, pelacuran atau penggunaan obat-obat terlarang
e) Tidak boleh hidup bersama seperti suami istri baik dengan teman sendiri maupun dengan warga negara asing (Singapura, Bangladesh, Pakistan, India dan lain-lain)
f) Selama bekerja tidak boleh hamil atau melahirkan anak.

7) Bahaya melarikan diri dan berpindah majikan
Selama TKI bekerja di Singapura, mungkin TKI dibujuk seseorang untuk berpindah tempat kerja, atau melarikan diri ke tempat kerja lain dan ditampung oleh orang Indonesia yang tinggal disana ataupun oleh orang yang tidak dikenal. Tindakan seperti itu sangat membahayakan dan merugikan, karena tanpa dokumen yang syah TKI tidak mendapat perlindungan hukum. TKI bisa menjadi korban jaringan perdagangan manusia atau menjadi TKI ilegal., dipekerjakan secara paksa atau dipaksa menjadi pekerja seks. Jika tertangkap aparat, TKI bisa dipenjarakan atau dipulangkan secara paksa ke tanah air. Untuk itu TKI harus selalu berhati-hati agar:
a) Tidak terbujuk oleh seseorang (teman, orang Indonesia, Agen, PPTKIS atau siapapun) untuk melarikan diri atau berpindah majikan. Hal itu sangat membahayakan keselamatan diri dan TKI bisa ditangkap
b) Tidak berpindah-pindah majikan tanpa alasan yang syah atau tanpa memperbaharui dokumen perjanjian kerja. Hal itu mengakibatkan hak-hak TKI tidak dapat dilindungi
c) Tidak menerima pekerjaan apabila ijin tinggal TKI di Singapura sudah habis masa berlakunya dan tidak diperpanjang. Hal itu juga merupakan pelanggaran hukum.
Bahaya yang dapat menimpa TKI:
a) Dapat dipekerjakan secara paksa, tanpa dibayar dan tanpa memperoleh hak-hak yang seharusnya TKI terima
b) Terjerumus dipaksa menjadi pekerja seks
c) Ditangkap dan dipenjarakan
d) Dipulangkan secara paksa ke Indonesia
e) Menjadi korban trafficking

8) Nomor telepon penting yang harus diingat
a) Nomor telepon orang tua, suami, saudara di Indonesia
b) Nomor telepon PPTKIS
c) Nomor telepon BNP2TKI
d) Nomor telepon KBRI Singapura
e) Nomor telepon Departemen Tenaga Kerja Singapura
9) Penerimaan Gaji
a) Pada waktu menerima gaji dari majikan, harus diperiksa jumlahnya dan baru tanda tangan di kwitansi yang disediakan majikan, apabila memang sudah sesuai. Pihak majikan tidak boleh memotong gaji TKI dengan sesuka hati jika TKI melakukan kesalahan waktu bekerja (misalnya memecahkan gelas / piring) tanpa disengaja.
b) Apabila gaji yang diberikan tidak sesuai dengan kontrak kerja, sebaiknya tanya kepada majikan apakah kesalahan perhitungan dan jangan menandatangani kwitansi pembayaran. Jika tidak ada penjelasan yang yang memuaskan tentang pembayaran yang kurang, segara melaporkan ke PPTKIS pengirim, Departemen Tenaga Kerja Singapura atau Kedutaan Besar Indonesia.
c) Jika gaji tidak dibayar dalam 1 bulan dan tanggal yang sudah ditentukan boleh dianggap memberhentikan tanpa pemberitahuan, maka majikan wajib membayar gaji sebagai pengganti pemberitahuan, pembayaran penghentian kontrak dan pembayaran-pembayaran lain menurut Undang Undang.

10) Bahaya Narkoba dan HIV / AIDS
Sebagai Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri
§ Narkoba
Narkoba adalah obat-obatan terlarang yang menyebabkan penurunan kesadaran, hilangnya rasa dan menimbulkan ketergantungan. Orang yang menggunakan narkoba biasanya menjadi orang yang tidak dapat mengendalikan diri, emosional dan gelisah yang membuat perilakunya tidak terkontrol, nekat dan ngawur. Narkoba diperjualbelikan secara sembunyi sembunyi karena dilarang oleh negara manapun, yang membuat harganya menjadi sangat mahal. Oleh karena itu pedagang narkoba sangat tinggi untungnya dan sering menggunakan cara untuk mengelabui orang dengan antara lain dimasukkan di tas tangan , sol sepatu, dompet atau memacari / mengawini wanita untuk disuruh jalan-jalan ke luar negeri dan dititipi narkoba tanpa memberitahu barang apa yang dititipkan. Untuk itu anda harus melakukan hal-hal sebagai berikut:
ü Berhati-hati, jangan mudah percaya pada orang yang belum dikenal dalam perjalanan (misalnya di airpot, terminal bus) jangan meletakkan tas secara sembarangan yang mudah ditukar atau disentuh orang tanpa sepengetahuan anda
ü Tidak mudah dibujuk rayu atau mengikuti permintaan orang yang belum dikenal (misalnya untuk membawakan barangnya)
ü Tidak menggunakan barang atau obat-obatan yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.

§ HIV AIDS
HIV AIDS adalah penyakit yang sangat berbahaya, yang mematikan dan sampai sekarang belum ada obatnya. Orang yang terkena AIDS tidak bisa diobati dan dalam waktu tidak lama akan meninggal karena tidak mempunyai kekebalan terhadap penyakit. Penyebab dan penyebaran penyakit tersebut antara lain melalui hubungan suami istri dengan pengidap HIV. Untuk itu hal yang anda harus lakukan:
ü Menghindari hubungan seksual selain dengan suami atau istri anda
ü Apabila terpaksa dilakukan, harus menggunakan alat pelindung yaitu kondom.
11) Tata cara keberangkatan dan kedatangan di negara tujuan
a) Di Bandara Keberangkatan
1) Mengurus check in pesawat di Bandara untuk mendapatkan boarding pass (kartu untuk naik pesawat) di loket penerbangan dengan menunjukkan tiket perjalanan
2) Mengisi kartu imigrasi yang disediakan di loket check in
3) Setelah mendapatkan boarding pass, langsung menuju ke pintu imigrasi yang terdekat dengan loket check in dengan menunjukkan boarding pass, passport serta dokumen-dokumen pendukung keberangkatan
4) Duduk sesuai dengan nomor kursi yang tercantum di boarding pass
5) Sebelum tiba di negara tujuan atau tiba di bandara,TKI akan dibagikan debarcation card (kartu kedatangan)

b) Di Bandara Negara Tujuan
1) Siapkan paspor, visa kerja dan kartu debarkasi untuk proses pengecekan imigrasi di loket imigrasi (desk imigration)
2) Pihak imigrasi akan memperbolehkan penumpang ke luar dari bandara setelah mendapatkan konfirmasi dari berbagai pihak di negara bersangkutan untuk penjemputan di bandara
3) Pastikan bahwa pihak penjemput adalah perusahaan atau agency, untuk mencegah penipuan.

12) Tata cara kepulangan
a) Persiapan sebelum kepulangan
§ Majikan atau agen harus memberitahukan rencana kepulangan TKI kepada agen dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura selambat-lambatnya 1 bulan sebelum tanggal kepulangan TKI
§ Dalam hal TKI telah menyelesaikan masa kontraknya, majikan atau agen bertanggung jawab mengirim pulang TKI ke Indonesia sampai ke pelabuhan udara terdekat dengan daerah asal TKI. Majikan atau agen tidak dibenarkan memulangkan TKI ke Batam atau sekitarnya
§ Biaya tiket pesawat udara ditanggung oleh majikan atau agen sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian kerja sama penempatan.
b) TKI berada di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta
§ Siapkan paspor, tiket pesawat dan boarding pass
§ Mengisi formulir kedatangan dengan meminta bantuan kepada petugas BNP2TKI
§ Antri dengan tertib di Pos pemeriksaan Paspor oleh petugas imigrasi
§ Anda menuju tempat pengambilan barang, cocokan label tanda bagasi dengan boarding pass (sobekan tanda bagasi), naikkan barang bawaan anda ke atas trolly (dorongan barang) yang tersedia
§ Keluar pada jalur khusus TKI, dengan membawa barang bawaan anda ke dalam bus yang telah disediakan untuk menuju Terminal 4.
c) TKI berada di Terminal 4 (Gedung Pendataan Kepulangan TKI Selapajang) Bandara Soekarno Hatta
§ Periksa barang bawaan anda, jangan sampai ada yang ketinggalan
§ Menuju konter pendataan
ü Siapkan paspor dan barang bawaan anda untuk di data
ü Bila anda telah selesai kontrak kerja dan tidak mengalami permasalahan, anda bisa langsung membeli tiket angkutan darat atau tiket pesawat sesuai dengan daerah tujuan anda
ü Bila anda pulang karena cuti / perpanjangan kontrak kerja, maka anda wajib melapor ke BP3TKI masing-amsing daerah atau PPTKIS yang memberangkatkan anda
ü Bila anda pulang dikarenakan ada permasalahan di luar negeri, maka anda harus pergi ke konter pengaduan TKI bermasalah untuk diberikan advokasi
§ Belilah tiket angkutan darat atau tiket pesawat sesuai dengan tujuan kepulangan
§ Masuk ke ruang tunggu pemulangan dan tunggu panggilan
Bila ada yang meminta uang, jangan takut untuk segera melaporkan kepada petugas keamanan.

d) Perjalanan ke daerah asal

Bila perjalan pulang menggunakan angkutan darat:
§ Setelah nama anda dipanggil, anda dipersilahkan naik pada angkutan darat / kendaraan yang telah disediakan
§ Cek barang bawaan anda, jangan ada yang tertinggal
§ Catat nomor polisi mobil dan nama sopir.
Bila terjadi permasalahan dalam perjalanan, lapor pada kepolisian setempat atau lapor lewat sms nomor 08136544645.

13) Informasi dan pengaduan
Untuk memperoleh nasehat atau bantuan lebih lanjut secara gratis, anda dapat menghubungi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Direktorat Perlindungan Kawasan Asia Pasifik, Kedutaan Besar Republik Indonesia Singapura bidang Konsuler (65) 67371371, Bidang Imigrasi (65) 67335215, 62351009, Bagian Tata Usaha (65) 6733690, 67377422.

E. Permasalahan dan cara penyelesaian
Apabila terjadi perselisihan antara TKI dengan majikan sebaiknya dilakukan upaya sebagai berikut:
1) Musyawarah untuk mufakat, untuk itu calon TKI harus bisa menyampaikan permasalahan tersebut dengan majikan agar majikan mau menyelesaikan atau memenuhi keinginan TKI
2) Meminta bantuan kepada Agency dan PPTKIS untuk dapat menyelesaikan masalah, bilamana tidak berhasil dapat diserahkan penyelesaiannya kepada Departemen Tenaga Kerja Singapura sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku
3) Meminta bantuan kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura.
Bilamana permasalahan belum dapat diselesaikan agar TKI tidak pulang ke Indonesia.

F. Kiat menjadi TKI sukses
1) Senantiasa berdoa dan melaksanakan ibadah dengan baik
2) Melaksanakan pekerjaan dengan baik dan tekun
3) Lancar berkomunikasi dengan pengguna / majikan dan keluarganya menggunakan bahasa negara setempat
4) Menjaga kesehatan dan kebersihan diri
5) Menjaga sopan santun dan jujur
6) Berpakaian bersih dan rapih
7) Jangan memindahkan barang-barang dirumah pengguna / majikan tanpa seijin mereka
8) Mintalah gaji setiap bulan sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan dan gunakan sebaik mungkin sesuai kebutuhan, sisakan dan tabunglah untuk hari depan.

G. Menjaga hubungan baik dengan pengguna / majikan
1) Bagi TKI jangan menelpon interlokal / SLJJ untuk keperluan pribadi atau keperluan yang kurang perlu dari rumah majikan. Apabila TKI melakukan interlokal dari rumah majikan, pastikan bahwa hal itu memang sudah atas persetujuan atau ijin dari majikan
2) Menyiapkan diri baik mental maupun ketrampilan karena orang Singapura adalah pekerja keras
3) Jangan mengijinkan ”collect call” (tagihan ditanggung pihak penerima telepon) untuk interlokal / SLJJ kepada anda yang berasal dari teman atau keluarga di tanah air karena biayanya sangat mahal
4) Bagi TKI jangan mengundang / menerima teman anda di rumah majikan, terutama apabila majikan Saudara tidak berada di rumah
5) Hindari berbicara dengan menggunakan daerah / Indonesia dihadapan keluarga majikan karena mereka mungkin menganggap anda sedang membicarakan sesuatu yang jelek tentang mereka
6) Bagi TKI jangan menggunakan fasilitas di rumah majikan tanpa seijin mereka
7) Tanyakan kepada majikan mengenai apa-apa yang harus anda kerjakan dan apa-apa yang tidak boleh anda lakukan, sebelum memulai bekerja
8) Sebelum memulai kerja, pastikan terlebih dahulu apa yang diharapkan oleh majikan anda.

H. Menguatkan mental dan keimanan
Manusia selama masih hidup tidak ada yang bebas dari masalah, tapi pasti mempunyai masalah, hanya saja masing-masing orang berbeda permasalahannya dan yang terpenting adalah bagaimana cara kita menghadapinya. Sebagai TKI yang bekerja di negara orang yang mempunyai adat budaya, sifat / perilaku yang sangat berbeda dengan kita seperti galak, cerewet, pelit, kurang manusiawi ditambah lagi dengan pekerjaan yang sangat banyak akan menimbulkan permasalahan tersendiri. Hal tersebut tebtunya akan menimbulkan perasaan sedih, kecewa, sakit hati, dendam dan lain-lain. Apabila kondisi tersebut berlangsung terus menerus dan semakin menumpuk akan menimbulkan perasaan tertekan (stress) yang berat dan akan membuat sikap putus asa yang akhirnya ingin bunuh diri. Hal tersebut tentunya jangan sampai terjadi pada kita, walaupun harus menghadapi masalah seberat apapun dimana di negara orang, kita sendirian, menghadapi banyak masalah yang berat, sementara kita tidak berdaya, butuh pertolongan maka kita harus ingat, yakin bahwa Allah SWT senantiasa akan mengasihi dan menolong kita dengan segala kekuasaannya. Maka apabila kita ingin terhindar dari stress, sikap putus asa dan keinginan bunuh diri, kita harus mempunyai iman yang kuat yaitu selalu ingat, percaya dan yakin bahwa Allah SWT yang mempunyai sifat yang maha (Asma Ul Husna). Sifat Allah yang harus kita percaya, yakin dan ingat paling tidak sifat Yang Maha Kuasa, Maha Pengasih dan Maha Penolong. Dengan beriman pada Allah, akan menimbulkan perasaan tenag, damai, percaya diri dan semangat hidup, tidak akan putus asa walaupun menghadapi masalah yang berat. Hal tersebut dikarenakan Allah Maha Kuasa. (sumber BNP2TKI)

Bekerja di Saudi Arabia

Saudi Arabia atau biasa disebut juga dengan nama Arab Saudi adalah sebuah negara yang terletak di Jazirah Arabia diapit oleh dua benua yang sangat luas yaitu benua Asia dan Afrika.
Arab Saudi adalah Negara yang pemerintahannya berbentuk Kerajaan dan dipimpin oleh seorang raja, dinegara ini seorang raja yang berwenang membuat segala peraturan dan perundang-undangan, landasan dasar hukum dan tata usaha yang dipakai adalah Syariat Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits.

Negara Saudi Arabia – Timur Tengah

Informasi mengenai negara Saudi mulai dari peraturan, data, Adat istiadat, demografi, geografi, sejarah Perwakilan RI di Jedah, dll….. tentang SAUDI ARABIA

Peraturan

MATA UANG: SAUDI RIYAL ( SAR ), 1 SAR: USD 3.73

Bea Cukai

IMPORT ( Barang yang boleh masuk ke Saudi Arabia )

Bea Siswa

600 batang rokok ( ~ 3 sloof ), 100 cigars, 500 gr tobacco

Parfum dalam jumlah cukup ( untuk dipakai sendiri )

Perhiasan untuk digunakan sendiri

Pakaian dan lainnya untuk digunakan sendiri

Buah, Kacang, permen,makanan kaleng yg mudah dibuka

Uang: Jumlah tidak dibatasi namun jika dalam jumlah sangat banyak akan melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu.

Dilarang

Minuman ber alkohol, Senjata api / tajam, Obat ( kecuali untuk digunakan sendiri dengan surat pengantar dokter), daging Babi

Narkotik ( ancaman hukuman mati )

Binatang: Ayam hidup,Kalkun, Burung Dara / Beo, Bebek kecuali Anjing, Kucing, Burung lain sesuai ketentuan yg ada.

Uang: Mata uang Israeli Sheqel tidak diijinkan masuk

Visa/Pasport:

Masuk ke Saudi tanpa Visa akan didenda SAR 3.000

Visa transit hanya diijinkan 1 kali di Saudi Arabia kecuali untuk passport diplomatik

Visa Umroh / Haji / Ziarah hanya ditulis dalam bahasa Arab kecuali Visa bisnis / undangan ditulis dlm bahasa Arab & Inggris

Masa berlaku Passport minimal 6 bulan

Masa berlaku Visa dimulai pada hari ke 1 kedatangan.

 

 

Data

 

Nama Asli: Al Mamlakah Al Arabiyah As-Saudiyah

Luas Wilayah: 2.331 km²

 

Kepala Negara:

 

Abdullah
الملك عبد الله
Raja Arab Saudi
Memerintah 1 Agustus 2005 – Sekarang
(2 tahun)
Nama lengkap Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud
non-titular name
Lahir Agustus 1924
RiyadhArab Saudi
Pendahulu Raja Fahd bin Abdul Aziz Al Saud
Consort 4 istri[1]
Wangsa Keluarga Saudi
Ayah Abdulaziz bin Abdulrahman Al Saud
Ibu Fahda bint Asi Al Shuraim

Kepala Negara: Raja Fahd Bin Abdul Aziz (1982)

Kepala Pemerintahan: Raja Fahd Bin Abdul Aziz (1982)

Pemerintahan Lokal: 6 Wilayah utama dan 12 propinsi

Ibu Kota: Riyadh ( 1.380.000 ) jiwa

Penduduk: 20.785.955 ( TH. 2000 )

Kepadatan: 21 jiwa per mil ²

Pert. Penduduk: 2,8 % per tahun

Suku Bangsa: Arab, Afrika dll

Agama: Islam ± 100 %

Bahasa: Arab

Lagu Kebangsaan: As-Salam Al-Malaky As Saudi

Mata Uang: Riyal ( 1 USD = 3.73 SAR )

Hasil Tani: Kurma, Gandum, Barli, Buah buahan

Sumber Alam: Minyak, Gas, Emas, Perak dan Besi

Industri: Minyak, Petro Kimia, Semen, Pupuk,

Income per kapita: US $ 10.600 ( 1999 )

G.N.P: US $ 98.1 milyar ( 1996 )

Hari Besar: 23 SEP 1932 (hari kesatuan) & Jum’at.

 SUHU RATA – RATA

Kota Dingin Panas
Minimum Maximum Minimum Maximum
Jeddah 18° 29 ° 38° 46°
Madinah 18° 24° 35° 55 °
Makkah 18° 31 ° 40 ° 49°
Mina 21° 21° 30° 55 °
Arafah 19° 28° 23 ° 55°

PENJELASAN:

o        JANUARI ~ Udara dingin sekali & siang hari waktunya lebih singkat

o        FEBRUARI ~ Udara dingin sekali & siang hari waktunya lebih singkat

o        MARET ~ Udara dingin sekali dan siang hari waktunya singkat

o        APRIL ~ Udara dalam keadaan sedang

o        MEI ~ Udara mulai terasa panas dan semakin hari semakin panas.

o        JUNI ~ Udara panas sekali dan siang hari waktunya lebih panjang.

o        JULI ~ Udara panas sekali dan siang hari waktunya lebih panas.

o        AGUSTUS ~ Udara panas sekali dan siang hari waktunya lebih panjang.

o        SEPTEMBER ~ Udara panas sekali dan siang hari waktunya lebih panjang

o        OKTOBER ~ Udara panas mulai berkurang.

o        NOVEMBER ~ Mulai dingin dan siang hari waktunya semakin singkat.

o        DESEMBER ~ Berangsur dingin, malam hari waktunya lebih panjang.

 

 

SOSIAL BUDAYA

 

SELAYANG PANDANG

 

1.    Saudi Arabia atau biasa disebut juga dengan nama Arab Saudi adalah sebuah negara yang terletak di Jazirah Arabia diapit oleh dua benua yang sangat luas yaitu benua Asia dan Afrika.

2.    Arab Saudi adalah Negara yang pemerintahannya berbentuk Kerajaan dan dipimpin oleh seorang raja, dinegara ini seorang raja yang berwenang membuat segala peraturan dan perundang-undangan, landasan dasar hukum dan tata usaha yang dipakai adalah Syariat Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits.

 

GEOGRAFI ARAB SAUDI

 

1.       Arab Saudi adalah negara gurun yang gersang dan tandus, namun dengan kecanggihan technologi yang ada dan dengan kekayaan yang dimiliki, negara ini sudah berubah menjadi negara hijau dengan pepohonan yang tumbuh disana sini, negara ini memiliki dua iklim, panas dan dingin.

2.       Pada musim panas suhu berkisar antara 38°-55° C, sedangkan pada musim dingin suhu berkisar antara 10° – 28° C. Cuaca berubah berdasarkan musim setiap bulannya, dapat dilihat pada table halaman selanjutnya.

 

ADAT ISTIDAT BANGSA ARAB

 

Pada umumnya bangsa arab amat bangga dengan kebangsaannya dan bersikaf relatif kurang respek dengan bangsa lainnya, tetapi karena ada aturan yang mengharuskan untuk memuliakan tamu seperti yang diperintahkan Islam, maka tidak sedikit yang bersikap baik dan ramah, terutama mereka yang berdomisili di Mekkah dan Madinah.

Kebiasaan masyarakat arab yang perlu diketahui:

Cenderung bicara keras walaupun tidak dalam keadaan marah.

Pembeli bukanlah raja karenanya penjual dapat mengusir calon pembeli yang dianggap rewel.

Memegang jenggot termasuk penghormatan sedangkan memegang pantat merupakan suatu penghinaan.

Tradisi makan dan minum dari piring dan gelas yang sama secara bersama-sama atau bergantian.

Wanita yang berjalan tanpa pendamping dianggap wanita tidak baik.

Kota Jeddah

Informasi tentang kota Jeddah yang perlu anda ketahui

JEDAH

JEDAH dengan penduduk +/- 1,5 juta jiwa, merupakan kota pelabuhan laut dan kota utama serta salah satu tempat pusat pemerintahan kerajaan Arab Saudi. Dari sinilah masuknya barang-barang luar negeri untuk keperluan pembangunan rakyatnya.

JEDDAH dalam bahasa Indonesia berarti “ nenek perempuan” disebut demikian karena disinilah dikuburkan nenek umat manusia yaitu Siti Hawa . Kota Jeddah sedikitnya memiliki 3 julukan, yaitu:

§      Karena cantiknya = “ Sang Pengantin Putri Laut Merah”

§      Karena letaknya = “ Pintu Gerbang Dua Tanah Haram “

§      Karena bisnis = “ Kota di Tengah-tengah Pasar.”

Kota ini terletak disebelah Timur pantai Laut Merah pada 30° garis BT dan antara 21 – 28° LU persisnya di dataran rendah pinggir Laut Merah. Cuaca pada musim panas (Juni – Sep ) 35 – 42° C dan pada musim dingin (November – Februari) 10 – 25° C. Pada tahun 648 M kota ini diresmikan menjadi kota pelabuhan untuk Mekkah dan sekitarnya oleh Khalifah Utsman bin Affan. Luas kota ini ± 3.500 km², ditempat ini telah berdiri bangunan – bangunan yang tinggi, perkantoran, pertokoan, super market dan hotel yang megah.

KING ABDUL AZIS adalah nama Bandar Udara Internasional yang terletak dikota Jeddah, terletak di pantai timur laut merah nama bandara ini diambil dari nama raja pertama Saudi Arabia, dan salah satu bandara tersibuk didunia karena setiap tahunnya dikunjungi oleh orang yang ingin melaksanakan Haji dari seluruh.

Kota Madinah

Info detai mengenai kota Madinah dan Mesjid Nabawi

AL – MADINAH

 Adalah nama yang digunakan Rasulullah untuk mengganti nama kota Yatsrib, yaitu salah satu dari dua kota suci umat Islam yang terletak di Saudi Arabia, Yatsrib berubah nama setelah Nabi hijrah dari Mekkah atau pada tahun 662 Masehi dan pada zaman nabi Muhammad SAW dan Khulafaur Rasyidin, kota ini menjadi pusat dakwah dan basis pengembangan Islam sekaligus ibukota Kerajaan Islam pertama di dunia. Gelar kota Madinah adalah Madinatul Munawwarah yang artinya Kota yang bercahaya, Madinah juga masih memiliki 93 nama lain diantaranya Madinatun Nabi ( Madinah kota Nabi ) Madinah Ar Rasul ( Madinah Kota Rasul ).

Sejarah kota Madinah sebelum Islam lahir dihuni oleh dua suku bangsa yaitu Arab dan Yahudi, penduduknya berasal dari penduduk setempat dan dari Arab Selatan yang pindah ke Yatsrib karena robohnya Bendungan Ma’arib di Yaman dan dikenal dengan sebutan suku Aus dan suku Khazraj.

MASJID NABAWI

MASJID NABAWI adalah masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat dan kaum Muslimin serta para Malaikat, masjid ini terletak dijantung kota Madinah. Pembangunannya dimulai pada bulan Rabiul Awal tahun 1 Hijriah (September 662 Masehi) setelah beliau pindah dari Mekkah ke Madinah.

Masjid ini berdiri diatas tanah milik dua anak yatim Sahal dan Suhail yang dibeli dengan harga 10 dinar, ditambah tanah wakaf dari As’ad bin Zurarah dan tanah bekas makam kaum muslimin yang rusak. Luas awal masjid ini ± 1.050 m², dan pada bulan Muharram 1406 H atau Oktober 1985, dimulai perluasan masjid dengan menggusur hotel-hotel, pasar dan komplek pertokoan. Kemudian dibangun kembali masjid baru seluas 82.000 m2 yang mengitari dan menjadi satu dengan masjid yang lama, luas total Masjid Nabawi dan halamannya yang sekarang kira-kira 98.000 m² dan dapat menampung jamaah 650.000 jamaah pada musim Umrah dan lebih 1.000.000 jamaah pada musim Haji.

KUBAH

Untuk pengaturan udara dalam bangunan yang sedemikian luas, di buatlah 27 ruang terbuka dengan ukuran masing-masing 18 x 18 m. sebagai atap dibuat kubah yang dapat dibuka dan ditutup secara elektronik maupun manual , berat tiap-tiap kubah 80 ton terbuat dari kerangka baja dan beton dilapisi kayu pilihan dengan hiasan relief serta batu mulia sejenis phirus. Sedangkan bagian luar atas dilapisi keramik tahan panas.

AC RAKSASA

Untuk menyejukkan Masjid, dibangun satu unit AC sentral raksasa diatas tanah seluas 70.000 M² yang terletak 7 km sebelah barat masjid. Hawa dingin dari Ac dialirkan melalui pipa bawah tanah dan dibagikan kesetiap penjuru Masjid melalui bagian bawah setiap pilar yang berjumlah 2.104 buah.

MENARA 104 METER

Masjid Nabawi memiliki 10 buah menara dengan ketinggian 104 meter dan dipuncknya terdapat ornamen “ bulan sabit” dari bahan perunggu dilapisi emas 24 karat dengan tinggi 7 meter dan berat 4,5 ton. Di ketingghian 87 meter dipasang “sinar leser ” jangkauan sinar tersebut sejauh 50 Km berfungsi sebagai penunjuk arah kiblat dinyalakan pada saat-saat tertentu (waktu sholat).

12 PAYUNG RAKSASA

Pada bagian tengah Masjid Nabawi terdapat dua ruang terbuka yang setiap ruangan dilengkapi enam payung artistik, payung ini dapat terbuka dan tertutup secara otomatis yang diatur oleh komputer.

BASEMENT

Luas basement masjid 73.500 m² tinggi 4,5 meter, kegunaannya sebagai tempat pengaturan elektronik, mekanik, sound system, serta Ac untuk cadangan listrik telah tersedia mesin pembangkit listrik berjumlah 8 unit yang menghasilkan 2,5 MW.

Menurut data dan informasi yang ada menyatakan bahwa tanah yang berada di Madinah adalah yang termahal di dunia, dengan harga per meter perseginya $ 67.000 data ini per Juli 1992, sedangkan dikawasan elit New York hanya bernilai $ 26.000.

ZIARAH MADINAH

MAKAM RASULULLAH

Makam Rasulullah terletak disudut Timur Masjid Nabawi yang dahulu bernama Maqshurah . Disitu dahulu terdapat dua rumah, yaitu rumah Nabi bersama Aisyah dan rumah Ali dengan Fatimah. Sejak Rasulullah wafat pada tahun 11 H. ( 632 M ) rumah Nabi terbagi dua, yaitu bagian arah kiblat (selatan) untuk makam Nabi dan yang bagian Utara untuk tempat tinggal Aisyah.

Pada tahun 678 H ( 1279 M ) diatasnya dipasang Kubah Hijau (green Dome) sampai sekarang. Jadi persis dibawah “green dome” inilah jasad Rasulullah di makamkan. Jika jamaah melihat makam Nabi, maka akan melihat pula makam dua sahabat beliau Abu Bakar (Khalifah I) dan Umar (Kahalifah II) yang dimakamkan di sebelah makam Nabi. Maka lokasi dimana dahulu terdapat rumah Nabi kini dijuluki “ makam 3 manusia mulia “. Setelah masjid Nabawi diperluas, makam tersebut dimasukkan kedalam bangunan Masjid. Pada bangunan ini terdapat empat buah pintu:

  1. Pintu sebelah kiblat dinamakan At Taubah
  2. Pintu sebelah Timur dinamakan Fatimah
  3. Pintu sebelah Utara dinamakan Tahajjud
  4. Pintu sebelah Barat ke Raudah sudah ditutup.

Jika jamaah sedang berada di Raudah dan menghadap kiblat, berarti disebelah kiri adalah bangunan persegi empat.

Kota Mekkah

Info detail mengenai kota Mekkah, Masjidil Haram serta tempat-tempat ziarahnya.

MEKAH

Mekah, yang secara geografis terletak antara 39-40 BT dan 21-22 BR, terletak ± 330 m diatas permukaan laut, lahannya menempati sebuah lembah kering yang dikelilingi gunung-gunung batu yang tandus, panjang lembah ini dari barat ketimur sekitar 3 km dan dari utara ke selatan sekitar 1,5 km.

Mekkah adalah kota yang pertama kali ada dimuka bumi, karena disinilah manusia pertama kali ada yaitu Nabi Adam diturunkan dan hidup dengan isterinyaSiti Hawa. Dari sinilah keturunan anak manusia itu berkembang ke segala penjuru dunia dan disini pula lahirnya seorang Rosul akhir zaman yang bernamaMuhammad bin Abdullah pada hari senin tanggal 12 Robiul Awwal tahun Gajah bertepatan 20 April 570 M dan para sahabatnya seperti: Abu Bakar Assidiq, Umar ibnu Khottab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib dan sahabat yang lainnya, ditempat ini pula lahirnya Agama Islam yaitu pada abad 14 M.

Mekkah disebut juga Tanah Haram, pada tahun 8 H, (623 M) Mekkah masih boleh ditempati atau di kunjungi oleh orang – orang Nasrani, Yahudi dan non muslim lainnya. Tetapi karena orang-orang kafir banyak melakukan tindakan-tindakan munafik, ingkar janji dan memusuhi serta menodai syiar Islam maka pada tahun 9 H berdasarkan firman Allah dalam surat Attaubah ayat 28 yang artinya;

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang Musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidil Haram sesudah tahun ini”

Kota Mekkah akan terus berkembang namun Tanah Haram tidak ikut berkembang kerena batasnya telah ditetapkan yaitu dari:

v      Arah Utara Masjidil Haram ± 7 Km

v      Arah Selatan ± 13 Km

v      Arah Barat ± 25 Km.

Disinilah Allah SWT menempatkan Ka’bah dan Masjidil Haram. disini pula diterapkan beberapa macam larangan seperti ; berburu hewan buruan, tidak boleh merusak pohon, tanah dan batunya dilarang dibawa keluar tanah haram serta orang non muslim dilarang masuk .

Jarak beberapa kota dari kota Mekkah:

v      Jeddah 74 km

v      Thaif 80 km

v      Madinah 498 km

v      Riyadh 990 km

Pada bulan Juli dan Agustus suhu dikota ini sangat panas sampai 54°C dan pada bulan Desember dan Januari sangat dingin sampai 10°C, serta jarang mendapatkan curah hujan.

MASJIDIL HARAM

Masjid tertua di dunia yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid ini berbentuk empat persegi dan dibangun mengelilingi Ka’bah, berbeda dengan masjid manapun didunia, shaf di Masjidil Haram ini berbentuk lingkaran, semuanya menghadap ke Ka’bah yang berada di tengah-tengah. Ini merupakan keunikan yang tidak dimiliki masjid manapun di dunia.

Spesifikasi Masjidil Haram

v      Luas Masjidil Haram ± 656.000 m², dapat menampung 730.000 jamaah dalam satu waktu sholat berjamaah pada hari-hari biasa dan lebih dari 1.000.000 jamaah pada musim Haji

v      Memiliki Tiga Lantai

v      Menara berjumlah tujuh buah

v      Keistimewaan masjid ini adalah: Sholat di masjid ini lebih utama dari sholat 100.000 kali di masjid lain.

KA’BAH

adalah bangunan yang menyerupai bentuk kubus, tempat ini merupakan bangunan pertama yang ada diatas muka bumi yang digunakan sebagai kiblat dalam menjalankan ibadah Sholat oleh umat Islam, sebagai mana firman Allah dalam ( QS. Ali Imran ayat 96 ) yang artinya ;

“sesungguhnya permulaan rumah yang dibuat manusia untuk tempat beribadah itulah rumah yang di Bakkah(Mekkah), yang dilimpahi berkah dan petunjuk bagi alam semesta .

Ka’bah disebut pula Baitullah ( Rumah Allah ) atau Baitul Atiq (Rumah Kemerdekaan) dibangun berupa tembok bersegi empat dari batu-batu besar berwarna kebiru-biruan yang berasal dari gunung-gunung sekitar Mekkah. Fondasinya dari batu marmer setebal ± 25 cm, pembangunan Ka’bah menurut sejarah berlangsung 10 generasi, dan inilah rincian generasi yang membangun Ka’bah:

  1. Generasi I oleh Malaikat ± 2.000 tahun sebelum Nabi Adam diciptakan
  2. Generasi II oleh Nabi Adam
  3. Generasi III oleh Nabi Syits putra Nabi Adam
  4. Generasi IV oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail
  5. Generasi V oleh suku Amaliqah
  6. Generasi VI oleh suku Jurhum
  7. Generasi VII oleh Qushai bin Kilab
  8. Generasi VIII oleh Abdul Muthalib
  9. Generasi IX oleh suku Quraisy
  10. Generasi X oleh Abdullah bin Zubair

Rincian luas pembangunan Ka’bah sebagai berikut:

v      Tinggi seluruh dinding = 15.00 M

v      Lebar dinding Utara = 10.02 M

v      Lebar dinding Barat = 11.58 M

v      Lebar dinding Selatan = 10.13 M

v      Lebar dinding Timur = 10.22 M

Setiap sudut dinding Ka’bah memiliki nama:

v      Sebelah Utara Rukun Iraqi (Irak)

v      Sebelah Barat Rukun Syami (Suriah)

v      Sebelah Selatan Rukun Yamani (Yaman)

v      Sebelah Timur Rukun Aswad (Hajar Aswad)

 KISWAH adalah Penutup keempat dinding Ka’bah yang tergantung dari atap sampai kaki terbuat dari kelambu sutra hitam, lebarnya total 658 M ² biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan kiswah in 17.000.000 riyal dengan tenaga kerja sebanyak 240 orang, hal ini telah dilakukan sejak zaman Nabi Ismail.

Kiswah tiap tahun diganti, dilakukan pada tanggal 10 Djulhijjah ketika para jamaah sedang berada di Mina, Kiswah ini dihiasi dengan tulisan Al Qur’an yang disulam secara khusus dengan benang emas, salah satu kalimatnya adalah:

Allah Jalla Jalalah, la ilaha illaallah , Muhammad Rasulullah.Allah Maha Agung , tiada Tuhan selain Allah, Muhammad itu Utusan Allah.

PINTU KA’BAH disebut juga dengan nama al-burk , ini terbuat dari bahan emas murni 99 karat, dengan berat keseluruhan 280 kilogram. letak pintu ini dari lantai thawaf adalah 2,25 meter sedangkan daun pintu itu sendiri panjangnya 3,06 meter dengan lebar 1,68 meter. Pintu yang sekarang ini adalah hadiah dariraja Khalid bin Abdul Aziz, karena dalam sejarahnya pitu ini telah berubah-ubah baik dari bahan baku seni dan bentuknya. Hadits Nabi yang mengatakan ;

“ Siapa yang masuk ke Baitullah berarti dia masuk dalam kebaikan, keluar dari kejahatan dan dia mendapatkan ampunan”

( HR. Ath –Thabrani dari Ibnu Abbaas)

Nilai harga pintu itu Rp. 14.420.000,- ( empat belas juta empat ratus dua puluh ribu ) pada tahun 1979 M.

HAJAR ASWAD adalah batu hitam yang terletak disudut sebelah tenggara Ka’bah, yaitu sudut dimana Thawaf dimulai. Hajar aswad berasal dari syurga yang dibawa oleh Malaikat Jibril atas perintah Allah, batu ini terdiri dari 8 keping yang terkumpul diikat dengan lingkaran perak. Ciri-ciri Hajar Aswad adalah jika dimasukkan kedalam air akan mengapung dan bila dibakar tidak akan pecah.

MIHZAB ( Talang Emas )

Talang air ini dulunya tidak ada karena Ka’bah belum memiliki atap, namun pada saat renovasi Ka’bah yang dilakukan suku Quraisy, bangunan ini diberi atap, hingga memerlukan talang air.

Talang air sering diganti dan yang ada sekarang hadiah dari Sultan Abdul Majid Khan Bin Sultan Muhammad Khan dari Konstantinopel pada tahun 1276 H (1859 M ) bahannya dilapisi emas seberat 40 kg. Pada tahun 317 H. salah seorang pengikut A bu Taher Al-Qurmuthy berniat untuk mencuri, namun ketika memanjat dinding Ka’bah dia terjatuh dan akhirnya tewas.

Letak talang emas ini persis di depan Hijr Ismail, tempat dimana talang ini berada oleh Khalifah Utsman disebut pintu surga.

MAKAM IBRAHIM adalah tempat bekas berdirinya Nabi Ibrahim tatkala membangun Ka’bah dan terbuat dari batu dan salah satu Mu’jizat yang diberikan Allah kepda nabi Ibrahim, batu tersebut dapat naik dan turun sesuai kehendak nabi Ibrahim ketika membangun tembok Ka’bah. Letak makam Ibrahim berhadapan dengan Pintu Ka’bah.

HIJIR ISMAIL adalah salah satu bagian dari Ka’bah, dipagari oleh tembok rendah (al-Hatim) berbentuk setengah lingkaran .

Ditempat ini sering dipakai jamaah Haji maupun Umrah untuk melakukan sholat sunnat karena diyakini sebagai salah satu tempat yang mustajab untuk berdo’a, Hijir Ismail ini dahulu adalah pondasi rumah keluarga Ibrahim, dan disitu pula Nabi Ismail tinggal dan dimakamkan.

MULTAZAM adalah dinding atau tembok antara Hajar Aswad dengan pintu Ka’bah. Tempat ini dipergunakan oleh jamaah Umrah maupun Haji untuk bermunajat kepada Allah setelah selesai melakukan tawaf. Jarang orang tidak meneteskan air mata disini, disamping terharu akan kebesaran Allah, Multazam juga salah satu tempat paling musatajab, sebagaimana yang dinyatakan Rasulullah dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaki dari Ibnu Abbas yang artinya:

“Antara Rukun Aswad dan pintu Ka’bah disebut Multazam. Tidak ada orang yang meminta di Multazam, melainkan Allah Kabulkan permintaannya itu.

ZAM-ZAM

ZAM-ZAM dalam bahasa arab berarti air yang melimpah, sumur di bawah tanah yang terletak ± 20 meter sebelah Tenggara Ka’bah ini mengeluarkan air bersih dan jernih yang tiada henti, dan diamanatkan agar sewaktu meminum air Zam-zam harus niat. Sebelum minum air zam-zam kita menghadap ke Ka’bah bermunajat kepada Allah sbb ;

Bismillahirrahmaanirrahiim:

“ Ya Allah, aku mohon pada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan disembuhkan dari segala macam penyakit”.

SEJARAH. Tentang air Zamzam ini sejarahnya tidak dapat dipisahkan dari isteri Nabi Ibrahim as yaitu Siti Hajar dan putranya Ismail as , waktu itu Ismail dan ibunya ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim di Mekkah, mereka kehabisan air minum, maka Siti Hajar berlari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak 7 kali untuk mendapatkan air, namun tak menemukan setetes air pun. Tiba-tiba ia mendengar suara. Maka Siti Hajar pun berkata:

“ aku mendengar suaramu tolonglah kami jika engkau memiliki kebaikan”.

Kemudian Malaikat Jibril menampakkan diri dan melalui hentakan kaki Ismail, serta merta memancarlah air dari perut bumi. Siti Hajar membendung air itu karena melimpah serta berkata zam… zam… zam… yang maksudnya kumpul….… kumpul……. Dengan bekal air inilah mereka menyambung hidup.

MAS’A

MAS’A adalah sebutan untuk tempat para jamaah haji melakukan Sa’i, yang dibangun untuk menghubungkan antara Bukit Shafa dan Bukit Marwah. Terbuat dari lantai pualam sepanjang 405 m. jamaah Haji yang melakukan Sa’i harus melalui jalur tersebut sebanyak 7 kali pulang pergi, kini telah dibangun menjadi dua tingkat, jumlah jarak yang ditempuh antara Shafa dan Marwah adalah 7 x 405 m = 2.835 meter.

SEJARAH PERWAKILAN RI DI JEDDAH

v      Hubungan resmi antara Republik Indonesia dan Kerajaan Saudi Arabia dimulai sejak 21 November 1947 bertepatan 8 Muharram 1367 H karena pada tanggal tersebut Kerajaan Saudi Arabia mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia dan juga menyetujui mengadakan hubungan diplomatik.

v      KBRI Kairo merupakan Perwakilan Indonesia pertama didirikan di luar negeri yang wilayah akreditasi/kerjanya termasuk Kerajaan Saudi Arabia dan dikepalai oleh Chargé d’Affaires, Mohammad Rasyidi Maksud utama pembukaan KBRI Jeddah, selain untuk meningkatkan hubungan diplomatik kedua negara dimaksudkan pula untuk mengurusi kepentingan WNI yang berada di wilayah akreditasi yang banyak melaksanakan haji dan umrah serta termasuk yang telah bermukim lama di Makkah dan Madinah.

v      Sesuai keputusan Pemerintah KSA bahwa seluruh kedutaan besar negara asing yang berada di Jeddah diminta pindah ke Riyadh. Sehubungan dengan hal tersebut, KBRI Jeddah pindah ke Riyadh pada tanggal 8 Oktober 1985.

v      Untuk mengatasi hal demikian, Pemerintah Republik Indonesia telah memutuskan untuk mengisi kekosongan pelayanan yang ditinggalkan oleh KBRI yang dipindah ke Riyadh dengan membuka KJRI Jeddah. Secara resmi KJRI Jeddah dibuka pada tanggal 1 Februari 1986, dimana pada tanggal tersebut nota pemberitahuan diajukan secara resmi kepada Kemlu KSA Cabang Wilayah Makkah Al Mukarramah. Pada tanggal itu pula merupakan kegiatan resmi KJRI Jeddah dimulai.

v      Keputusan Presiden RI No. 68 Tahun 1984 ditindaklanjuti oleh Surat Keputusan Menteri Luar Negeri No. SK 092/OR/XI/85. Menurut Keputusan tersebut, KJRI Jeddah merupakan perwakilan konsuler tingkat K‑1 yang dipimpin oleh seorang Konsul Jenderal dan bertanggung jawab kepada Kepala Perwakilan Diplomatik Republik Indonesia di Riyadh.

v      Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 68 tahun 1984, tugas pokok KJRI Jeddah adalah mewakili negara Republik Indonesia dalam melaksanakan hubungan konsuler dengan pemerintah di propinsi‑propinsi Makkah, Madinah, Tabuk dan Assier di bidang perekonomian, perdagangan, perhubungan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan, sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah dan berdasarkan peraturan perundang‑undangan yang berlaku. Tugas pokok ini lebih diperinci oleh Pasal 2 Surat Keputusan Menteri Luar Negeri No. SK 092/OR/XI/85 yang menyebutkan “Tugas pokok Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah adalah mewakili Negara Republik Indonesia dalam melaksanakan hubungan kekonsuleran dengan Gubernuran: Gubernuran Tabuk, Madinah, Makkah, dan Assier di bidang perdagangan, perekonomian, perburuhan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan, urusan haji dan keimigrasian sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang‑undangan yang berlaku.”

v      Dibukanya Konsulat Jenderal Republik Indonesia Jeddah tersebut tidak terlepas dari kaitan dan arti pentingnya Wilayah Barat Saudi Arabia, bukan saja dilihat dari segi ekonomi, industri dan perdagangan, tapi juga dari segi sosial budaya sehubungan dengan adanya kota suci Makkah Al Mukarramah dan Madinah Al Munawwarah, yang menjadi dambaan seluruh umat Islam, dalam kaitannya melaksanakan Rukun Islam kelima.

v      Dari rentang waktu sejak pembukaan sampai saat ini telah terjadi 8 kali pergantian Kepala Perwakilan di KJRI Jeddah. Adapun yang pernah atau sedang menjadi Kepala Perwakilan sebagai berikut:

o        Drs. Achmad Noor (1986 – 1989)

o        Drs. Moeslim Sya’roni (1989 – 1991)

o        Drs. Lillahi Grahana Sidharta (1991 – 1995)

o        Drs. Anwar Yasin (1995 – 1997)

o        Mohammad Yusuf, SH (1998 – 2000)

o        Drs. Abdul Wahid Maktub (2001 – 2002)

o        Tajuddien Noor BM (2003 – 18 April 2006)

o        Drs. Gatot Abdullah Mansyur (bertugas sejak 13 Februari 2007)

( Sumber bnp2tki )

Selanjutnya akan segera di update >>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: